A-SEC Blog
Want to Contribute? Check our terms.

Penting! Ini Yang Harus Kamu Persiapkan Sebelum Berlibur Ke Luar Negeri

Penting! Ini Yang Harus Kamu Persiapkan Sebelum Berlibur Ke Luar Negeri


A man wearing mountain bag
Antonia Wilson via theguardian.com

Contents

Prolog

Beberapa waktu yang lalu, saya sedang dalam trip ke luar negeri di benua Eropa untuk menikmati liburan ke beberapa negara seperti Perancis, Swiss, Italy, dan Vatikan. Sungguh, ini merupakan pengalaman baru bagi saya yang sama sekali belum pernah merasakan liburan hingga ke luar negeri, perasaan senang, excited sampai bingung menyelimuti pikiran. Beberapa pertanyaan seperti:

Apa yang perlu saya persiapkan? Apa yang perlu saya bawa selama liburan di sana?

Apakah saya perlu membawa rice cooker supaya bisa makan dengan tenang?

Banyak sekali tips yang bertebaran di Internet, tapi beberapa poin di tulisan ini juga berdasarkan pengalaman empiris saya, dan tentunya beberapa tips yang menjadi lesson learned, karena saya lupa atau kurang mempersiapkannya. Kali ini saya akan bagikan lesson learned pada tulisan ini.

Keep scrolling, mungkin kamu menemukan beberapa tips tambahan di bawah! 

Review Apa Saja Yang Ada di Agenda Perjalanan Kamu

Emoji with confusion



Ayo, buka kembali jadwal atau rundown kamu! Coba baca dengan teliti, perhatikan waktu, tempat dan pikirkan apa saja yang mungkin akan terjadi saat tiba di sesi tersebut. Dari sini, kita bisa memikirkan kemungkinan-kemungkinan apa saja yang bisa terjadi. Perhatikan juga berapa lama kamu akan tinggal di sana. 

Mending Bawa Semuanya atau Secukupnya?

People sustain the planet
r/memes via reddit.com

Setelah kamu menyelesaikan review jadwal, catat dan breakdown apa yang ada di pikiranmu. Hal ini penting, supaya hal yang baru saja kamu pikirkan tidak lupa ketika ada distraksi yang datang secara tiba-tiba.

Saran saya bawa secukupnya saja dan persiapkan barang yang bersifat esensial terlebih dahulu, baru barang yang lain. Tapi kembali lagi, sesuaikan dengan kebutuhan kamu.

Perhitungkan juga ukuran koper yang digunakan, pastikan koper tersebut akan muat untuk barang-barang pada saat pergi dan pulang, pastinya kamu akan membawa oleh-oleh juga bukan?

Jangan Lupa Alat Kesehatan

doctor vs angel of death
Source: https://bodyforbusiness.com/wp-content/uploads/2016/05/Doctor-Fighting-Death.jpg 

“Sedia payung sebelum hujan”. Ingat, kamu akan berpergian ke luar negeri, jauh dari tempat asal, bisa jadi dalam skenario tertentu, hanya diri kamu sendiri yang hanya bisa diandalkan.

Jika kamu memiliki riwayat penyakit, alergi, silahkan bawa obat untuk mempersiapkan hal yang tidak terduga selama kamu di sana. Baca juga terkait ketentuan membawa obat dalam maskapai penerbangan.

Tiket, Paspor, dan Visa

indonesian pasport
Source: https://imgx.sonora.id/crop/0x0:0x0/700x465/photo/2023/02/16/masa-berlaku-pasporjpeg-20230216021259.jpeg

Terlalu banyak memikirkan apa saja yang harus dibawa, kamu menjadi lupa untuk membawa barang penting ini. Selalu pastikan bahwa Tiket, Paspor dan Visa sudah kamu bawa sebelum berangkat menuju ke Bandara.

Kamu nggak pengen kan harus kembali pulang ketika sudah sampai di Bandara?

Pastikan Memiliki Kartu Berlogo Mastercard

Mastercard logo
mastercard logo via mastercard.com

Kartu dengan logo Mastercard memungkinkan kamu dapat bertransaksi saat di luar negeri.

Pengalaman saya cukup ribet jika harus membayar dengan uang tunai, sangat amat lebih mudah jika menggunakan kartu, tinggal gesek, sat set sat set, selesai. 

Selain kartu, pastikan juga kamu sudah menukarkan mata uang IDR ke mata uang yang digunakan negara tujuan.

Just in case jika memang benar-benar perlu menggunakan uang tunai.

Aktifkan Paket Internet Roaming

phone with roaming activated

Internet sudah menjadi kebutuhan pokok saat ini, banyak hal yang dapat dilakukan dengan menjelajah internet. Tentunya ini menjadi penting saat kamu sedang dalam perjalanan, mulai dari hal simple seperti menggunakan Google Translate, mencari informasi hingga melakukan transaksi atau memberi kabar ke orang.

Siapkan paket internet roaming kamu, pilih provider dan paket internet sesuai dengan kebutuhan. Jangan lupa aktifkan paket roaming saat kamu sudah tiba di negara tujuan, beberapa layanan sudah ada yang aktif otomatis ketika kartu dipasang, ada juga yang kamu bisa menjadwalkan sendiri tanggal berapa service roaming diaktifkan.

Siapkan Sling Bag

person use slingbag


Sepele, tapi penting banget. Sling bag ini berguna untuk membawa beberapa barang kecil yang bersifat penting untuk dibawa kemana-mana.

Kebetulan saya datang ke Perancis, ketika isu kriminal di sana sedang tinggi, kabarnya banyak sekali kasus pencopetan di sana, oleh karena itu saya membawa sling bag.

Perhatikan juga posisi sling bag juga harus di depan kita, bagian dada. Jangan posisikan di bagian punggung, karena itu merupakan titik buta kita.

Sebenarnya tidak perlu melihat tingkat kriminalitas sedang tinggi atau tidak, karena yang namanya apes tidak ada di tanggal.

Pakaian Apa Yang Harus Dibawa

all kinds of costumes

Kamu sudah melakukan review, Sekarang saatnya tentukan pakaian kamu.

Perhatikan juga saat ini di negara tujuan sedang musim apa? Agenda apa saja yang akan dilakukan saat di sana? Apakah kamu akan datang ke acara formal?

Beberapa pertanyaan seperti itu akan memudahkan kamu menentukan pakaian apa yang cocok.

Sedikit tips dari saya, karena saya mengunjungi beberapa negara di Eropa yang mana saat itu merupakan musim semi, agenda naik ke Gunung Titlis di Swiss pastinya saya membawa banyak pakaian yang hangat.

Dan benar saja, di sana sangatlah dingin, saat tiba di Bandara Internasional Perancis Paris-Orly Airport dengan suhu 9° Celsius, saya merasakan rasa batuk yang tak tertahankan. Untungnya saya sedikit cepat beradaptasi dengan suhu tersebut, suhu -4° saat di Gunung Titlis, Swiss saya sudah tidak merasakan batuk lagi.

Rokok?

cigarette

Jika kamu seorang perokok, saya sarankan bawalah rokok dari Indonesia. Kenapa? Karena rokok di sana mahal. Harga satu bungkus rokok dengan merk tertentu saat itu adalah €16 atau setara Rp 250.000. Tentunya jauh lebih mahal apabila dibandingkan dengan harga di Indonesia.

Makan Tidak Selera? Bawa Sambal Solusinya

chilli sauce

Hah? Sambal? Serius??

Ya, percayalah, jika kamu sudah terbiasa dengan masakan Indonesia yang memiliki berbagai macam rasa, kamu akan kaget ketika sudah makanan di sana. Bisa jadi kamu tidak cocok karena belum terbiasa.

Saya membawa 3 sambal dengan kemasan pouch dan rentengan sachet. Selalu saya tambahkan sambal disetiap makanan yang dihidangkan.

Kalau kamu tidak doyan sambal, alternatifnya apa?

Kamu bisa juga membawa penyedap rasa, atau monosodium glutamate (MSG) alias micin.

Powerbank

samsung phone charge with powerbank


Seringkali saya kehabisan daya baterai di smartphone karena intensitas penggunaan yang tinggi. Selalu bawa powerbank dengan daya yang cukup untuk mengisi ulang baterai smartphone kamu.

Storage Memory Card

all kinds of memorycard


Tentunya kamu tidak akan mau ketinggalan untuk mengabadikan momen-momen indah saat liburan di luar negeri.

Tempat-tempat yang saya kunjungi sangatlah kental dengan sejarah, seperti Perancis, Italy dan Vatikan, juga tak lupa pemandangan aesthetic di Swiss.

Saya tidak akan pernah melewati kesempatan untuk mengambil foto di tempat-tempat tersebut.

Tinggalkan Pesan Kepada Teman atau Keluarga

a vector people comunicate by freepik


Pastinya, jangan lupa selalu memberikan kabar ke teman terdekat atau keluarga, supaya mereka bisa tahu status kamu saat ini sedang ada dimana.

Memberikan kabar akan membuat perasaan kamu dan orang yang dihubungi menjadi lebih tenang, ingat kamu sedang berada di negeri orang.

Salah satu momen yang membuat saya lega adalah saya dapat memberikan kabar ke keluarga, ketika mesin pesawat yang kami tumpangi mengalami masalah. Pesawat yang seharusnya terbang dari Bandara Leonardo da Vinci menuju Bandara Dubai, mau tidak mau harus berputar arah di tengah-tengah perjalanannya dan transit ke Bandara Athena, Yunani.

Sungguh menegangkan, ketika melihat pesawat yang ditumpangi secara tiba-tiba berputar arah di lautan lepas, dan kita bisa melihatnya pada layar monitor In-Flight Entertainment System (IFE) kursi.

Conclusion

Mempersiapkan segalanya dan memprediksi kemungkinan apa saja yang bisa terjadi merupakan langkah yang bagus untuk menyusun rencana perjalanan. Nikmati setiap momen yang kamu miliki, karena itu merupakan salah satu faktor yang akan membentuk dirimu suatu saat nanti.

Stay Safe!

Author:

Rhenaldo Delfi Nugraha