A-SEC Blog
Want to Contribute? Check our terms.

Ayo Ikut Hacktoberfest 2021 !!

 

Picture by hactoberfest.digitalocean.com 

Udah bulan Oktober aja nih, tapi kalian tau ngga sih, ada event menarik di bulan Oktober ini, nah namanya itu Hacktoberfest, jika kalian menyelesaikan event ini kalian akan mendapatkan swag gratis dari Hacktoberfest, swag-nya berupa kaos dan stiker dari sponsor pada event ini. Acara ini di selenggarakan secara online kok, jadi dimana pun kamu berada, kamu bisa mengikuti event ini. 

Apa sih Hacktoberfest itu?  

Picture by Unsplash.com

Hacktoberfest ialah gerakan untuk berkontribusi pada open source project. Dan gerakan ini berlangsung selama bulan Oktober setiap tahunnya loh. Jadi tunggu saja setiap tahunnya.

Kenapa sih Hacktoberfest diadakan ?

Picture by Unsplash.com 

Tujuan dari Hacktoberfest adalah mengajak semua orang untuk berkontribusi pada projek open source. 

…”Lah harus berkontribusi pada Linux dong?”.. 

Nggak juga, open source tidak hanya Linux saja dong, Open source adalah cara pengembangan software secara terbuka, bisa dilihat oleh banyak orang dan juga bisa menambahkan kontribusi secara langsung. 

Lalu, gimana sih cara mengikuti Hacktoberfest?

 

Picture by Unsplash.com 

Note : Setiap tahun, peraturan dari Hacktoberfest berubah-ubah. Maka dari itu, kalian harus cek di Hacktoberfest Digital Ocean dan melihat rules-nya,

Picture by hactoberfest.digitalocean.com

Setelah mengetahui rules yang dikeluarkan, maka kalian bisa klik "Start Hacking". 

Lalu, kita diminta membuat akun atau memasukkan akun dengan permissions Hacktoberfest, gunanya untuk mengetahui pull request berapa.

Setelah itu, kalian diminta memasukkan data data seperti email dan sebagainya, isi data kalian dengan benar. Setelah mengisi data, silahkan klik "Start Hacking", lalu pull request pada projek-projek open source di GitHub.

The End

Picture by Unsplash.com

Selamat mengikuti dan mengerjakan event dari Hacktoberfest !!

Dengan mengikuti Hacktoberfest ini, secara tidak langsung kamu juga ikut serta untuk berkontribusi pada open source project

Terimakasih kamu, sudah membaca artikel ini sampai akhir !!

 

 

Author: Arya Satya