Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Test link

Countermeasure untuk Menggagalkan Cyber Criminal

 

Countermeasure Cyber Criminal

Lama rasanya tidak menulis tentang topik keamanan siber lagi setelah Bagaimana Cara Membuat Password yang Kuat dan Aman? di Blog Arisan Security ini. Dan pada tulisan kali ini, saya akan membahas tentang bagaimana sih penanggulangan untuk menggagalkan tindakan cyber criminal? Atau istilah kerennya “Cybersecurity Countermeasure to Thwart Cyber Criminals”.

Tindakan ini sangat penting dilakukan demi melindungi area-area penting seperti pemerintahan, perusahaan dan organisasi internasional tempat lainnya yang ada di dunia siber.

Di sini saya akan membagikan langkah-langkah untuk menggagalkan kejahatan dunia maya, silahkan perhatikan dengan baik:

Vulnerability Databases

Vulnerability Databases | avleonov.com
Vulnerability Databases | avleonov.com

Database yang memberikan informasi mengenai known vulnerability ini akan sangat bermanfaat untuk melakukan identifikasi terhadap seorang threat actor yang sedang mencoba untuk mengeksploitasi suatu sistem. Database ini dibuat dengan tujuan untuk mengumpulkan informasi dan menyebarkannya demi meningkatkan keamanan komputer berdasarkan kerentanan yang telah ditemukan. Dengan adanya ini, kamu akan lebih update terhadap kerentanan-kerentanan yang ada saat ini.

Contoh vulnerability databases adalah: CVE DetailsNational Vulnerability Databases (NVD)CVE MITRE, ETC.

Early Warning System

Alert Icon | iconape.com
Alert Icon | iconape.com

Peringatan/deteksi dini merupakan sistem yang berguna untuk memberikan suatu peringatan ketika terjadi sesuatu yang tidak normal. Kamu tau kentongan? Ya, kentongan juga merupakan suatu alat early warning system yang digunakan pada orang-orang zaman dulu untuk menyampaikan informasi atau sinyal kepada warga disekitar ketika sedang terjadi sesuatu. Jika dalam dunia siber, contoh early warning system adalah Honey Net Project. Ini merupakan projek non-profit yang digunakan untuk melakukan investigasi terkait penyerangan terbaru dan mengembangkan sebuah security tools yang sifatnya open source.

Share Cyber Intelligence

Berbagi merupakan sebuah simbiosis mutualisme. Dengan berbagi, kita akan lebih mudah untuk mendapatkan lebih banyak informasi tentang cybersecurity, seperti dengan halnya berbagi cyber intelligence. Dengan adanya hal ini, area-area seperti agensi pemerintahan, bisnis, Negara akan saling berkolaborasi untuk meminimalisir terjadinya tindak kejahatan dunia maya, kenapa? Karena mereka saling berbagi pengetahuan yang dimiliki, sehingga apabila satu area pernah mengalami tindakan cyber criminal maka dengan berbagi informasi area yang lain juga akan mempersiapkan diri untuk mencegah tindakan cyber criminal itu. Sama halnya dengan komunikasi antar pohon ketika ada serangga yang menyerang (video Kok Bisa).


Gimana? Setelah menonton video di atas apakah sudah paham? Kalau sudah, saya akan memberikan informasi yang sangat penting buat kamu yang ingin tahu tentang Threat Intelligence yang terbaru.

Cyber Intelligence Forum | Arisan Security
CIF x Arisan Security

Adhouse Clarion Events bersama dengan community partner Arisan Security mengajak kalian untuk ikut dalam acara Cyber Intelligence Forum Indonesia yang akan diselenggarakan pada tanggal 12 Agustus 2021. Acara ini sangatlah besar menurut saya, silahkan lihat pembicara-pembicara yang akan mengisi acara tersebut. Jadi, untuk menambah insight, saya harap kamu juga ikutan acara tersebut yaa.

Information Security Management Standards

ISO 27000 | techscrolling.com
ISO 27000 | techscrolling.com

Standarisasi ISM merupakan suatu hal yang harus diimplementasikan oleh suatu organisasi. Dengan adanya information security management standards akan meminimalisir terjadinya tindak cyber criminal terhadap organisasi. ISO 27000 merupakan standarisasi yang sering digunakan.

New Laws

Nanno Girl From Nowhere | Netflix
Nanno Girl From Nowhere | Netflix

Hukum merupakan peraturan yang dibuat dengan tujuan untuk mengatur tingkah laku kita sebagai manusia, tujuannya adalah untuk mencapai suatu perdamaian. Tanpa hukum, manusia akan bertindak semaunya. Sama halnya dalam dunia keamanan siber, perlu adanya peraturan yang berlaku untuk menghukum orang-orang yang melakukan tindakan ilegal. Saya bukan orang yang berkecimpung dalam dunia hukum, namun saya rasa hukum harus ada pembaharuan seiring berjalannya waktu mengingat ancaman siber akan selalu berkembang setiap saat.

Penutup

Itu dia langkah-langkah bagaimana menanggulangi tindak kejahatan cyber criminal. Seperti yang kita tahu, langkah-langkah yang sudah dijelaskan di atas fungsinya untuk meminimalisir saja, sehingga jangan beranggapan akan 100% aman setelah kita mengikuti langkah-langkah tersebut.

Terima kasih telah meluangkan waktunya untuk membaca tulisan ini, semoga bermanfaat, saya Rhenaldo Delfi Nugraha dan sampai jumpa ditulisan berikutnya.

Salam, salaman~

Penulis: Rhenaldo Delfi Nugraha


Post a Comment

© A-SEC Blog. All rights reserved. Developed by Jago Desain