Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Test link

Cara Migrasi CentOS ke AlmaLinux Tanpa Adanya Downtime

 

Melakukan Migrasi dari CentOS ke AlmaLinux

Di artikel ini, Anda akan belajar:

  • Apa itu AlmaLinux
  • Bagaimana cara migrasi dari CentOS ke AlmaLinux
  • Kesimpulan
CategoryRequirements, Conventions or Software Version Used
SystemAlmaLinux Mutakhir (Rekomendasi) and CentOS 8 (Wajib)
Software
OtherThe sudo command.
Conventions# – requires given linux commands to be executed with root privileges either directly as a root user or by use of sudo command
$ – requires given linux commands to be executed as a regular non-privileged user


PERINGATAN

Meskipun kami telah menguji metode ini pada sistem kami sendiri tanpa masalah, disarankan agar Anda membuat cadangan penuh dari sistem Anda sebelum melanjutkan lebih jauh. Serta pastikan CentOS Anda sudah versi 8. Jika CentOS Anda masih di bawah versi 8, silahkan cari cara untuk memperbaharui ke versi 8 terlebih dahulu, baru silahkan lanjutkan tutorial di dalam artikel ini.

ABSTRAK

AlmaLinux 8 ini dirilis pada akhir Maret 2021 dan ini adalah rilis perdana bagi AlmaLinux. Kelahiran dari AlmaLinux ini dipicu oleh keputusan RedHat untuk menghentikan CentOS stable release dan menggantikannya dengan CentOS Stream yang merupakan upstream atau development branch bagi RedHat Enterprise Linux. Keputusan semacam ini menjadikan CentOS tidak lagi ideal untuk dipakai sebagai OS di sisi server. Akibatnya, dimulailah beberapa project yang bertujuan untuk menghasilkan fork project dari RedHat Enterprise Linux | RHEL; dan salah satu pioneer yang sukses merilis paling awal adalah AlmaLinux. AlmaLinux 8 merupakan one to one binary compatible dengan RedHat Enterprise Linux 8; maka dari itu, hal ini tentunya sangat ideal digunakan sebagai server.

TUTORIAL

1.) Masuk ke console, lalu masukan perintah berikut:

# curl -O https://raw.githubusercontent.com/AlmaLinux/almalinux-deploy/master/almalinux-deploy.sh
# chmod +x almalinux-deploy.sh

2.) Lanjutkan perintah dibawah sebagai root atau sudo

# bash almalinux-deploy.sh

3.) Setelah skrip melakukan beberapa pemeriksaan awal, dia akan memulai proses; menghapus, menginstal ulang, menurunkan versi, dan meningkatkan paket tertentu untuk menyinkronkan sistem dengan rilis Almalinux saat ini. Proses ini akan memakan waktu, tetapi setelah selesai, Anda dapat me-reboot sistem dan memuat ke Almalinux.

# reboot

4.) Setelah selesai proses booting-up, silahkan verifikasi apakah sudah berhasil migrasi atau belum dengan perintah:

cat /etc/redhat-release

atau

cat /etc/*-release

atau

hostnamectl

6.) Selamat! Jika Anda tidak menemukan masalah di sepanjang jalan, tandanya Anda telah berhasil memigrasi sistem dari CentOS 8 ke AlmaLinux versi mutakhir.

KESIMPULAN

Bagi Anda yang selama ini menggunakan CentOS dan terkena dampak dari keputusan RedHat untuk menghentikan CentOS stable, AlmaLinux bisa menjadi alternatif yang sangat ideal. Project AlmaLinux sendiri berada di bawah naungan CloudLinux. Mereka memiliki visi untuk tidak hanya meneruskan apa yang ditawarkan oleh CentOS sejauh ini, melainkan mereka juga ingin menjadikan AlmaLinux sebagai project yang lebih baik serta berorientasi pada komunitas. Kata Alma sendiri berasal dari bahasa Latin yang berarti soul atau jiwa; dimana project ini menempatkan komunitas sebagai soul atau jiwa sebagai pusatnya. CloudLinux berkomitmen bahwa apa yang terjadi pada CentOS tidak akan pernah terjadi pada AlmaLinux. Mereka juga memberikan jaminan dukungan penuh sampai 2029.

Penulis: Christian Ronaldo Sopaheluwakan (Uncertified Network Professional)

Post a Comment

© A-SEC Blog. All rights reserved. Developed by Jago Desain